PENGATURAN HAK PATEN PADA DUNIA INDUSTRI DI INDONESIA

PENGATURAN HAK PATEN PADA DUNIA INDUSTRI
DI INDONESIA

Pengaturan-pengaturan dalam kekayaan dan hasil dari pemikiran masyarakat atau warga negara bahkan budaya yang terlahir sejak zaman dulu hingga sekarang harus selalu dilestarikan dan dilindungi agar tetap terjaga dan selalu ada sampai generasi-generasi penerus bangsa kita jangan sampai kekayaan kita dan budaya yang telah ada dari turun temurun diambil oleh bangsa lain apalagi negara-negara tetangga kita sendiri .
Perkembangan teknologi yang sangat pesat dizaman globalisai ini , menuntut kita sebagai warganegara indonesia ikut dalam mengembangkan terobosan teknologi yang belum ada sebelumnya , yang pasti teknologi yang lebih canggih , efisien dan ramah lingkungan pastinya .
Hasil-hasil pemikiran bangsa kita harus dapat diakui kelegalannya oleh pihak internasional yaitu dengan cara perlindungan Hak Paten , perlindungan ini sangat penting demi pengakuan bangsa kita dimata bangsa-bangsa lain , demi membuktikan kepadanya bahwa bangsa kita juga bisa mengikuti perkembangan teknologi , bukan hanya mengikuti tapi menciptakan teknologi yang modern yang belum ada sebelumnya.
Pengaturan Hak Paten diatur oleh undang-undang kepemerintahan indonesia yang mendapftarkan hasil-hasil pemikiran bangsanya kepada lembaga Hak Paten internasiaonal dengan cara perancangan undang-undang dan pembuatan prosedure tata cara pendaftarannya dan kategori-kategori perkembangannya .
Secara singkat akan diberikan UU hak paten yang bisa di perhatikan dalam perlindungan nya dan dalam pengelompokkan kategori-kategorinya :
A. UU Hak Cipta / UU No. 15 Tahun 2002
Hak cipta merupakan hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya. Ciptaan tersebut harus merupakan karya asli dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, atau sastra. Dalam kasus suatu karya tidak diketahui penciptanya, maka pemegang hak cipta adalah negara,.
B. UU Merk/UU No. 15 2001
Merk adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf, angka, susunan nama atau kombinasi dari unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam perdagangan barang atau jasa.
C. UU Paten / UU No. 14 tahun 2001
Paten merpakan hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya dibidang teknologi untuk jangka waktu tertentu.
D. UU desain Tata Letak Sirkuit Terpadu / UU No.32 Tahun 200
Desain terpadu adalah suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi yang didalamnya terdapat berbagai elemen. Desain tata letak adalah kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dari berbagai elemen.
E. UU Desain Industri / UU No.31 Tahun 200
Desain industri adalah kreasi bentuk, konfigurasi atau komposisi garis atau warna atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi.
F. UU Rahasia Dagang / UU No.30 Tahun 2000
Rahasia dagang merupakan informasi yang tidak diketahui oleh umum dalam bidang teknologi dan/atau bisnis.
G. UU Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) / UU No.29 Tahun 2000
PVT adalah perlinudungan terhadap varietas tanaman yang dihasilkan melalui pemuliaan tanaman.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s