STANDART MANAJEMEN MUTU DAN LINGKUNGAN

STANDART  MANAJEMEN

MUTU DAN LINGKUNGAN

 

          Setiap perusahaan pasti mendahulukan suatu manajemen yang baik agar semua kegiatan perusahaan baik dibidang manajemen mutu, manajemen lingkungan dan yang lainnya. Setiap perusahaan pasti mempunyai program kerja dalam pengembangan suatu kebijakan manajemen sebagai contoh pihak perusahaan menuntut para karyawan untuk dapat menyumbang saran-sarannya demi kebaikan dalam pelaksanaan dan kondisi kerja , dan dalam bidang kebijakan mutu perusahaan biasanya mengadakan QCC ( Quality Control Circle ) yang di lakukan setiap satu tahun sekali yang dimana pesertanya yaitu para karyawan pada masing-masing lini atau departemen yang berbeda , yang kegiatannya berisikan presentasi akan pemikiran-pemikiran atau perubahan demi terciptanya kebijakan mutu produk yang baik dan biaya produksi yang lebih kecil.

Adapula lembaga sertifikasi yang mengatur tentang kebijakan-kebijakan dalam manajemen lingkungan dan mutu pada khususnya , lembaga ini tergolong lembaga resmi internasional yang memilik tujuan terciptanya kondisi kegiatan produksi suatu perusahaan yang aman dan ramah lingkungan yang tidak mengganggu stabilitas alam. ISO ( International Organization For Standarization ) ISO telah menerbitkan beberapa standart manajement untuk memfasilitasi industri dan perdagangan , dua standart yang diterbitkan ISO adalah ISO manajemen mutu yaitu ISO seri 9000 dan  standart manajement lingkungan yaitu ISO seri 14000.

Tentang ISO seri 9000

            ISO seri 9000 adalah sertifikasi perusahaan pada mutu atau kualitas barang yang dihasilkan oleh suatu perusahaan , penilaian ISO seri 9000 biasanya dinilai dari segi kesehatan, keselamatan, kebersihan, bahan yang terkandung dalam suatu produk. Agar konsumen dapat terlindungi dan mengetahui tentang produk yang dikonsumsi ataupun yang digunakan , kualitas sangat penting dalam suatu produk yang akan diproduksi karena dalam kualitas produk kita bisa mengetahui cara pemakaian dan keperuntukan penggunaannya untuk apa., semua hal yang terkait diatas adalah semua hal yang kurang lebih harus dipenuhi oleh satu perusahaan dalam memproduksi suatu barang produksinya.

Tebtang ISO seri14000

Dengan menerapkan standar manajement lingkungan pada industri , maka terdapat kesempatan untuk meningkatkan mutu lingkungan dan strategis bisnis. Standar-standar ini di terbitkan untuk dapat diterapkan pada semua jenis dan ukuran organisasi dan untuk mengakomodasikan keragaman geografis, budaya dan kondisi sosial. Selain itu standar ini dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen yang lain seperti keselamatan dan kesehatan kerja.

Secara umum masyarakat akhirnya merasakan pengaruh penerapan ISO seri 14000 tersebut yakni :

  • Merasa lebih nyaman karena perusahaan melakukan komunikasi mengenai pengelolaan lingkungan.
  • Masyarakat umum dapat memahami kebijakan lingkungan perusahaan, karena perusahaan akan mengkomunikasikan kebijakan lingkungannya kepada masyarakat disekitar.
  • Perusahaan lebih transfaran mengenai pengelolaan lingkungannya.

 

Demikian tulisan yang saya tulis semoga bermanfaat bagi pembaca , dan atas kekurangan akan isi dari materi tulisan ini saya selaku penulis mohon maklum . Atas perhatian semuanya sya ucapkan terima kasih.

isuastikagatoy89@yahoo.com

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s